GT Radial dan Daihatsu Selenggarakan Webinar Tentang Eco Driving

GT Radial dan Daihatsu Selenggarakan Webinar Tentang Eco Driving

GT Radial dan Daihatsu kembali selenggarakan acara sharing tips bertajuk Ngobrol Asik yang ditayangkan langsung melalui kanal Instagram Live di @daihatsuind pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Program edukatif dengan tema Tips Melakukan Eco Driving ini dikemas berupa talkshow bersama Sony Susmana, selaku Senior Instructor dari SDCI (Safety Defensive Consultant Indonesia), dan Zulpata Zainal, selaku Proving Ground On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal.

 

Sesuai tema dan namanya, Eco Driving kepanjangan dari Economical Driving, yaitu teknik berkendara untuk mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Eco Driving memiliki beragam manfaat, seperti lebih hemat BBM (Bahan Bakar Minyak), mengurangi tingkat polusi sehingga lebih ramah lingkungan, meminimalisir potensi resiko kecelakaan di jalan raya, dan membuat komponen mobil lebih awet, sehingga dapat menghemat ongkos pengeluaran penggunanya dalam berkendara sehari-hari.

 

Sony menjelaskan, terdapat banyak teknik dalam melakukan Eco Driving, misalnya menggunakan kendaraan yang sudah dilengkapi indikator Eco Driving. Lalu, beberapa langkah lainnya seperti merencanakan rute perjalanan sesuai kebutuhan, memanaskan mesin cukup 1 menit, berkendara sehalus mungkin, menjaga kecepatan konstan sekitar 60-80 Km/Jam dan RPM di putaran 2.000.

Selain itu, jangan lupa jaga jarak dengan kendaraan lain dan gunakan engine brake untuk deselerasi, atur suhu AC ideal di kabin, matikan mesin dan buka jendela apabila sedang menunggu di dalam mobil lebih dari 5 menit, tidak kalah penting lakukan perawatan kendaraan secara berkala dan menggunakan bahan bakar kendaraan yang direkomendasikan.

 

Zulpata dari GT Radial menambahkan, pemilihan jenis ban mobil juga merupakan faktor penting dalam mendukung Eco Driving. Ban berjenis Eco merupakan ban berbahan baku ramah lingkungan, didesain khusus agar hambatan gulirnya rendah dan spek ini bisa ditemui pada ban Champiro Eco dari GT Radial. Komponen inilah yang memiliki andil besar dalam menjaga keselamatan pengendaranya.