Teknologi Ban GT Radial Champiro Ecotec Bikin Perjalanan Mudik Jadi Aman dan Nyaman

Teknologi Ban GT Radial Champiro Ecotec Bikin Perjalanan Mudik Jadi Aman dan Nyaman

Gridoto.com - Ban merupakan salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan. Selain sebagai penggerak dan penopang beban kendaraan, ban juga punya fungsi vital untuk mengontrol kemudi mobil. Oleh sebab itu, memastikan ban memiliki kinerja yang baik perlu dilakukan. Terlebih, ketika akan melakukan perjalanan jauh seperti mudik dan kembali dari kampung halaman. Ban harus dipastikan sudah memiliki tekanan udara yang ideal. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti mengalami aquaplaning atau pun pecah ban.

Selain itu, teknologi yang terdapat pada ban juga menentukan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Saat ini produsen ban berlomba-lomba menghadirkan beragam inovasi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satunya PT Gajah Tunggal Tbk. Selaku produsen ban GT Radial, PT Gajah Tunggal Tbk menghadirkan produk ban Champiro Ecotec yang diklaim sebagai produk ban ramah lingkungan serta telah lulus ECENoise (R117-2).

Ban ini didesain dengan teknologi Advanced Nano Compound terbaru yang lebih memudahkan ban bergulir. Dengan begitu, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan secara bersamaan membantu mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) yang berbahaya bagi lingkungan. 

Keunggulan lain dari Champiro Ecotec, konstruksi dan desain terbarunya mampu meningkatkan kenyamanan berkendara. Selain itu, konstruksi tersebut mampu memperbaiki kinerja ban dengan optimal meningkatkan keamanan berkendara. Saat melalui jalan dengan kontur bergelombang, teknologi tersebut mengurangi getaran serta kebisingan dalam kabin.

Meskipun Champiro Ecotec mempunyai hambatan gulir rendah dan dapat membantu menghemat bahan bakar, ban ini tetap mampu menghasilkan stabilitas mengemudi yang baik, daya cengkeram yang andal, dan pengereman yang optimal.

Nah, pada kesempatan mudik dan libur Lebaran tahun ini, Otomotif Group Kompas Gramedia menggelar kegiatan Holiday Fun Drive (HFD) 2022. Sesuai namanya, HFD 2022 merupakan kegiatan libur Lebaran sekaligus ajang pengetesan mobil dengan destinasi yang beragam.

Program ini dilangsungkan selama 11 hari, mulai Kamis (28/4/2022) hingga Minggu (8/5/2022). Total, terdapat 18 orang dari tim Otomotif Group Kompas Gramedia yang menjajal mobil dengan ban GT Radial selama program berlangsung. Perjalanan yang dilakukan berawal dari Jakarta dan berakhir di kota-kota di Pulau Jawa hingga Sumatera.

Selain menjajal kebolehan ban GT Radial, mereka akan mengabarkan kondisi-kondisi di jalan, seperti kemacetan, jalur baru yang dapat dilalui pemudik, tempat wisata, dan bengkel-bengkel yang buka selama 24 jam.

Salah satu tim GridOto, Wisnu Andebar, berkesempatan menjajal Daihatsu Rocky tipe 1.0 R ASA CVT serta berkesempatan langsung mencoba ban GT Radial Champiro Ecotec. Kota tujuannya adalah Boyolali, Jawa Tengah. Berdasarkan aplikasi Google Maps, jarak dari Jakarta menuju Boyolali, Jawa Tengah, mencapai 606 kilometer dengan menempuh jalur Tol Trans Jawa.

Sebagai informasi, ban GT Radial Champiro Ecotec merupakan Original Equipment Manufacturer (OEM) Partner Daihatsu, sehingga secara keseluruhan sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Daihatsu. Selama di perjalanan, Wisnu mengaku cukup nyaman menggunakan GT Radial Champiro Ecotec berdiameter R17 serta lebar dan tinggi 205/60.

“Mengapa saya bilang aman dan nyaman, pasalnya selama musim mudik Lebaran 2022 ini kondisi jalan Tol Trans-Jawa cukup padat dan seringkali terjadi pengereman secara mendadak,” kata Wisnu.

Lebih lanjut, Wisnu memaparkan, GT Radial Champiro Ecotec telah menggunakan teknologi New Advanced Nano-Tech. Teknologi tersebut membuat jarak pengereman dan hambatan gulir lebih baik serta menghemat konsumsi bahan bakar.

"Ban ini mampu meningkatkan kenyamanan berkendara dan respons mengemudi, baik di jalan lurus maupun tikungan, berkat desain pola telapak bahu yang harmonis," ujar Wisnu.

Semua kelebihan itu, lanjutnya, tentu didukung dengan desain pola telapak multi-angel dan Advanced Design Construction.

"Terbukti, kabin tetap senyap dan keluarga saya pun bisa tidur pulas di dalam mobil selama perjalanan, meski Tol Trans-Jawa didominasi jalan beton yang bikin kabin berisik," tambah Wisnu.

Untuk diketahui, GT Radial Champiro Ecotec tersedia dalam beragam ukuran mulai dari diameter 13 sampai 17 inci. Bagi yang tertarik menggunakan ban #GTRadial bisa langsung mengunjungi Tirezone yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Buat Anda yang penasaran dan ingin tahu serunya perjalanan Daihatsu Rocky menuju Boyolali, Jawa Tengah, pantau terus GridOto.com, serta media sosial Facebook dan Instagram GridOto dengan tagar #HolidayFunDrive2022 dan #HFD2022.

 

Nana Triana - Kamis, 5 Mei 2022 | 15:41 WIB

Sumber: GridOto.com

https://biz.gridoto.com/read/223268152/teknologi-ban-gt-radial-champiro-ecotec-bikin-perjalanan-mudik-jadi-aman-dan-nyaman?page=all